The Secret of IKIGAI

Kali ini saya akan berbagi mengenai buku yang saya baca yaitu THE SECRET OF IKIGAI , sebuah konsep kebahagian ala orang Jepang. Secara sederhana, IKIGAI berusaha menemukan tujuan hidup dan  pekerjaan yang mampu membahagiakan. Jabatan yang tinggi dan pekerjaan yang mapan pun tidak menjamin seseorang menemukan ikigai mereka.

EMPAT KONSEP IKIGAI

Ikigai memiliki 4 konsep yang selalu diawali dari sebuah pertanyaan untuk diri sendiri. Berawal dari pertanyaan sederhana, setidaknya akan menemukan alasan kenapa harus tetap hidup bahagia. Ada empat kunci pertanyaan yang dapat membantu menemukan ikigai, sebagai berikut

1. Apa yang kamu sukai

Tanyakan pada diri sendiri apa yang disukai ? entah itu warna favorit, warna baju, makanan dan masih banyak bentuk, atau mungkin kamu menyukai seseorang. Dua hal penting yang dapat membantu menjawab pertanyaan ini adalah passion dan mission. 

Contoh konkret adalah orang yang menemukan apa yang dicintai adalah seorang petani. Rata-rata petani hidup dengan pas-pasan. Selama proses merawat sawah, petani kerap menemui banyak masalah. Misal masalah gagal panen, harga pupuk naik. Meskipun mereka bangkrut dan merasa dirugikan, para petani tetap bahagia. Tetap bertahan tidak ingin pindah profesi.

Dalam hal ini, karena bertani adalah passion mereka. Di sinilah mereka juga memiliki mission (misi) yaitu harapannya untuk merawat warisan sawah dan demi investasi masa depan. Bukan mereka tidak bisa menemukan kebagiaaan, tapi mereka menemukan kebahagiaan dengan cara mensyukuri hal-hal kecil.

2. Apa yang dibutuhkan dunia

Konsep kedua yaitu mengetahui apa yang dunia butuhkan. Di negara maju, orang memiliki kemampuan kognitif yang kritis melihat peluang dan menciptakan sebuah peluang. Sama halnya yang dilakukan oleh Mark Zuckerberg sang pencipta Facebook.

Untuk mengidentifikasi hal yang dibutuhkan dunia, perlu dua syarat yaitu mission dan vocation. Jadi, minimal memiliki visi. Visi yang tidak dilandasi dengan pekerjaan (action) maka tidak akan berjalan. Ketika visi dan pekerjaan bersatu maka akan membentuk tujuan yang lebih konkret. Konsep ikigai adalah menyatukan antara visi dan pekerjaan dan kolaborasi dua hal tesebut akan menuntun menemukan apa yang dunia butuhkan.

3. Apa timbal balik untuk Anda

Sebut saja Albert Einstein, selama proses menjadri orang yang berpengaruh di dunia, apaah ia berharap ada imbalah ? jelas tidak, dia memiliki dedikasi yang tinggi dan kesadaran yang tinggi. Einstein melakukan penelitian karena penasaran pada suatu hal. Setelah sekian banyak penemuannya, dan manfaat yang ditemukan, akhirnya kini layak dibayar dan dikenal hingga penjuru dunia.

Dua hal yang mendukung hal ini yaitu vocation dan profession (profesi). Jadi, tentukan profesi yang dirasakan pas. Profesi berkaitan dengan pekerjaan. Sayangnya, tidak semua pekerjaan sesuai dengan skill. Namun, apabila pekerjaan yang digeluti sesuai dengan skill, memiliki peluang besar menemukan ikigai.

4. Apa kemampuan Anda

Tidak semua orang memahami apa yang disukai. Jangankan tahu apa yang disukai, kadang mencari tahu apa yang disukai sudah merasa kesulitan. Dua elemen dasar yang mendukung komponen ini adalah profession dan passion. Profession yang dimaksud adalah kemampuan untuk membuat inovasi, sedangkan passion adalah gairah yang bermanivestasi menjadi rasa senang dan kebahagiaan.

Berikut ini merupakan irisan yang saling terintegrasi dan melahirkan sikap dan perilaku yang berbeda. Pada gambar di bawah ini, irisan terdiri dari passion, mission, profession dan vocation.

https://www.forbes.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related posts