Statistika

Statistics is The Grammar of Science

Definisi

Karl Pearson menyatakan bahwa “Statistics is the Grammar of Science”. Seringkali istilah statistika dan statistik sering disamakan, padahal mereka berbeda. Statistika merujuk kepada cabang ilmu, sedangkan statistik lebih merujuk kepada suatu data atau informasi.

Menurut Supranto, statistika adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang cara mengumpulkan, menyajikan, menganalisis data serta mengambil kesimpulan secara umum berdasarkan hasil penelitian menyeluruh yang telah dilakukan.

Cabang Statistika

Statistika dapat dibagi menjadi dua bagian besar yaitu Statistika Deskriptif dan Statistika Inferensia.

1. Statistika Deskriptif

Statistika Deskriptif mencakup semua metode yang hanya berusaha untuk memberikan gambaran dan penyajian data serta tidak melakukan penarikan kesimpulan . Metode-metode nya seperti grafik (barchart,linechar,scatterplot, dkk), statistik 5 serangkai (min,max,Q1,Q2,Q3).

2. Statistika Inferensia

Statistika Inferensia mencakup semua metode analisis data yang bertujuan untuk melakukan penarikan kesimpulan. Metode metode nya seperti regresi berganda, regresi logistik, ARIMA, ARCH, Random Effect, Analisis Path, PCA, Exponential Smoothing dan lainnya.

Berdasarkan dimensi data, teknik analisis data dapat dibagi menjadi

  1. Analisis Data Cross Section
  2. Analisis Data Time Series
  3. Analisis Data Panel

Berdasarkan butuh atau tidaknya asumsi, teknik analisis data dapat dibagi menjadi

  1. Statistika Parametrik
  2. Statistika Non-Parametrik

Metode

Berikut ini merupakan beberapa metode statistika yang paling populer digunakan.

1. Analisis Regresi

Regresi merupakan suatu studi bagaimana suatu variabel (dependent) dipengaruhi oleh variabel lain (independent). Tujuan analisis regresi adalah untuk mengetahui bentuk hubungan, melihat signifikansi variabel, dan prediksi. Pada tabel di bawah ini Y merupakan variabel dependent dan X variabel independen.

 

2. Analisis Multivariate

Menurut Dillon dan Goldstein (1984), analisis multivariat didefinisikan sebagai semua metode statistik yang menganalisis beberapa pengukuran (variabel – variabel) yang ada pada setiap obyek dalam satu atau banyak sampel secara simulan.

 

3. Analisis Data Time Series

Analisis Time Series adalah analisis yang dilakukan berdasarkan data atau pengamatan yang berorientasi pada waktu atau kronologis pada variable yang diamati (Montgomery, Jennings, & Kulahci, 2016).

 

4. Metode Penelitian

 

Reference

  • Montgomery, D. C., Jennings, C. L., & Kulahci, M. (2015). Introduction to time series
    analysis & Forecasting. New York: Jhon Wiley & Sons
  • Dillon, William R; Goldstein, Matthew; Multivariate Analysis: Method And
    Application, John Wiley & Sons Inc., Canada, 1984.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related posts