Machine Learning

Latar Belakang

Saat ini kita sedang berada di zaman industri 4.0 yang dikenal dengan istilah IOT (Internet of Things). Dan Artificial Intelligence adalah salah satu topik yang paling hype dibicarakan. Artifical Intelligence (AI) merupakan simulasi dari kecerdasan manusia yang diproses atau disimulasikan oleh mesin atau sistem komputer. AI juga dapat dikatakan merupakan pengembangan sistem komputer yang mampu mengerjakan tugas yang melibatkan proses berpikir, seperti reasoning, planning, learning, dan self-correction.

Berdasarkan cara kerja, teknologi AI biasa dibagi menjadi dua kategori, yaitu

  1. rule-based AI
    Rule-based AI bekerja berdasarkan aturan. Komputer mengandalkan “aturan–aturan” yang sudah ditetapkan atau diprogram oleh manusia untuk memetakan apa “hasil atau jawaban” yang dikeluarkan oleh komputer (atau bisa disebut output) apabila ada informasi yang dimasukkan ke dalam sistem (bisa disebut input).

  2. Machine learning
    komputer tidak mengandalkan aturan–aturan yang diprogram oleh manusia, namun komputer mengolah data yang dimasukkan oleh manusia untuk mencari pola- pola tertentu yang muncul dalam data tersebut. Pola–pola inilah yang “dipelajari” oleh komputer dan menjadi acuan saat sistem AI digunakan.

Algoritma Machine Learning

Algoritma machine learning dapat dikelompokkan menjadi supervised, unsupervides, instanced-based learning, clustering, Ensemble, Reinforcement dan lainnya. Berikut merupakan list algoritma machine learning sesuai dengan penggolongannya.

 

REFERENSI

  • Suyanto. 2018. Machine Learning Tingkat Dasar dan Lanjut. Informatika. Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related posts