Macam dan Jenis Variabel

Dalam dunia analisis data, variabel memegang peranan yang sangat penting. Hal ini karena jenis variabel akan menentukan teknik analisis data mana yang cocok digunakan. Misalnya data dalam bentuk deret waktu, maka lebih baik digunakan teknik seperti Moving Average, Exponential Smoothing, VAR dan lainnya.

Berdasarkan perannya dalam suatu hubungan

1. Variabel Independen/Prediktor/Bebas

Merupakan variabel yang mempengaruhi variabel lain dalam suatu hubungan. Variabel ini dapat dijumpai di model regresi linier, regresi logistik, model probit/gompit, analisis data panel, model GLM dan lainnya.

2. Variabel Dependent/Respon/Terikat

Merupakan variabel yang dipengaruhi oleh variabel lain dalam suatu model hubungan. Variabel ini dapat dijumpai di model regresi linier, regresi logistik, model probit/gompit, analisis data panel, model GLM dan lainnya. Seringkali, di bidang Bisnis/Ekonomi cenderung menggunakan nama variabel dependent, Sedangkan di bidang Ilmu Kehidupan (Biologi dan Pertanian) cenderung akan menggunakan nama variabel Respon.

3. Variabel Eksogen

Pengertian variabel ini sama dengan variabel independent, namun tidak dikatakan variabel independent karena dalam hubungannya ada yang bertindak sebagai variabel independent sekaligus variabel dependent. Jenis variabel ini dapat dijumpai dalam analisis Jalur (Path Analysis).

4. Variabel Endogen

Pengertian variabel ini sama dengan variabel dependent, namun tidak dikatakan variabel dependent karena dalam hubungannya ada yang bertindak sebagai variabel independent sekaligus variabel dependent. Jenis variabel ini dapat dijumpai dalam analisis Jalur (Path Analysis).

5. Variabel Intervening/Mediasi

Variabel ini seolah-olah bertindak sebagai variabel independent dan dependent variabel sekaligus dalam suatu set hubungan. Variabel ini dapat dijumpai dalam analisis jalur (Path Analysis)

6. Variabel Moderating

Merupakan variabel yang dapat melemahkan atau memperkuat hubungan antara variabel satu dengan variabel lainnya.

Berdasarkan cara pengukurannya

1. Variabel Laten

Merupakan variabel yang tidak bisa diukur secara langsung. Oleh karena itu, kita perlu sejumlah variabel lain untuk menyatakannya. Contoh variabel laten adalah Tingkat Kesehatan, Loyalitas, Kebijaksanaan, dan Kepuasan. Untuk mengukur variabel ini kita perlu kombinasi variabel lain (a.k.a indikator).

Contohnya, variabel Tingkat Kesehatan bisa diukur menggunakan kombinasi beberapa indikator seperti tekanan darah, kadar asam urat, kadar glukosa dalam darah, dan kolesterol.

2. Variabel Indikator / Manifest

Merupakan variabel yang bisa diukur secara langsung sehingga dia seringkali menjadi penyusun variabel laten.  Contoh variabel Manifest adalah tinggi badan, berat badan, dan suhu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related posts