Book Recommendation (Time Series, Multivariate, Ekonometrika)

Dalam melakukan suatu analisis data, kita perlu memahami arti dari output yang dihasilkan dalam software SPPS, R, SAS, Python, maupun Eviews. Sehingga, memahami teori merupakan suatu kebutuhan bagi seorang analis. Oleh karena itu kita perlu beberapa sumber rujukan yang bisa kita jadikan acuan. Berikut merupakan beberapa rekomendasi buku jenis analisis nya.

TIME SERIES ANALYSIS

Buku pertama (Time Series Analysis With Application with R) menggunakan software R untuk analisis data. Sehingga bagus untuk belajar secara teori dan praktek terutama model linier time series. Di dalam buku ini lebih banyak menjelaskan model linier time series dan univariate time series seperti ARIMA, SARIMA. Ada juga pembahasan model non-linier seperti GARCH, EGARCH, dan TAR, tapi tidak selengkap yang ada di buku kedua (oleh William S.Wei). Metode Exponential Smoothing tidak dijumpai di dalam buku ini.

Buku kedua (Time Series Analysis : Univariate & Multivariate Analysis) lebih lengkap pembahasannya dan lebih teoritical. Buku ini membahas model linier dan nonlinier, univariate dan multivariate. Metode analisis yang dijelaskan di buku ini seperti ARIMA, SARIMA, Spectral, Fungsi Transfer, GARCH, VAR (Vector Autoregresive). Metode Exponential Smoothing tidak dijumpai di dalam buku ini.

Buku ketiga (Forecasting : Method & Application) membahas model ARIMA, Metode Dekomposisi dan Exponential Smoothing.

Buku keempat (Applied Econometrics Time Series) tidak lagi fokus membahas model linier (seperti ARIMA), namun lebih fokus membahas model non-linier seperti ARCH, GARCH, TAR, STAR, dan ADL. Analisis ini banyak diterapkan di dunia saham, karena sifat series datanya yang bersifat non-linier dan melibatkan data volatilitas.

MULTIVARIATE ANALYSIS

Buku pertama (Multivariate Data Analysis) cenderung pembahasannya ke arah terminologi (definisi, istilah,step, diagram berfikir) dan tidak terlalu banyak rumus. Sehingga buku ini cocok dibaca bagi pembaca yang tidak terlalu suka rumus, namun ingin mengerti analisis multivariat.

Buku kedua (Applied Mutivariate Statistical Analysis) cenderung membahas pendalaman rumus tiap metode (di dalanya terdapat aljabar, matriks, peluang, maupun integral). Buku ini cocok dibaca bagi orang yang ingin tahu seluk-beluk atau konsep paling dasar dari suatu analisis.

Buku ketiga (Aplikasi Analisis Multivariat) merupakan rujukan yang penulisnya berasa dari Indonesia. Buku ini banyak digunakan oleh peneliti/mahasiswa disiplin ilmu sosial dan ekonomi. Buku nya yang berbahasa Indonesia tentunya akan lebih mudah memahami analisis multivariat, apalagi buku ini menggunakan SPSS sebagai bantuan analisa, lengkap dengan step dan penjelasan outputnya.

ECONOMETRICS

Buku ini menjadi yang paling populer digunakan di dalam ilmu Ekonometrika. Hampir semua penelitian tentang ekonometrika mengacu pada buku ini. Buku ini membahas mengenai analisis regresi lengkap dengan asumsi klasik, efek pelanggaran asumsi, dan penanganan pelanggaran asumsi. Tidak hanya itu, buku ini juga membahas analisis data panel (Fixed Effect, Random Effect, dll), dan beberapa metode time series econometrics (misal ARIMA, Distributed lag, VAR).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related posts